3 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Meninggalkan Marketplace Online

3 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Meninggalkan Marketplace Online – Dari sudut pandang Entrepreneur, memulai bisnis baru dengan marketplace merupakan hal yang sangat menjanjikan. Dengan fitur yang lengkap dari mulai kataloging, pembayaran, dan didukung dengan antarmuka yang mudah digunakan membuat marketplace adalah tempat yang tepat untuk berjualan.

Berdasarkan pada prospek jangka panjang dari sebuah bisnis onlinemarketplace bukan lagi tempat yang tepat untuk meneruskan bisnis.

Namun, sebagian pegiat bisnis online mulai menyadari bahwa strategi pemasaran melalui marketplace bukan merupakan solusi total untuk bisnis mereka. Marketplace bukan lagi sebagai tempat yang tepat untuk meneruskan bisnis untuk sebuah prospek jangka panjang bisnis online.

Beberapa dibawah ini adalah fakta yang harus dipertimbangkan dan alasan dibalik mengapa mereka harus menghindari marketplace sebisa mungkin.

Kompetisi Harga

Keunggulan marketplace pada dasarnya adalah menguntungkan untuk pembeli, dan tidak ramah untuk penjual. Marketplace pada umumnya akan mengandalkan kategori produk untuk membantu pengunjung menemukan sesuatu yang mereka cari dalam waktu singkat. Namun dalam perspektif lain mekanisme ini juga akan mengaktifkan kompetisi harga antar penjual.

3 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Meninggalkan Marketplace Online
Fitur pencarian produk pada marketplace akan mengaktifkan kompetisi harga antar oenjual.

Setiap kali pengunjung melakukan pencarian, mereka akan disuguhkan dengan variasi produk beserta harga yang bersaing. Harga yang murah tentunya akan lebih menarik bagi pengunjung. Jika harga produk kamu ingin bersaing, otomatis kamu harus menurunkan margin produk yang akan berpengaruh pada profit setiap produk.

Pengumpulan Data

Strategi pengelolaan data yang tepat akan sangat berguna bagi penyusunan strategi bisnis ke depan. Pemasaran melalui marketplace membuat kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan data tentang pelanggan. Mereka juga kehilangan kesempatan mengupas lebih lanjut tentang insight dari pelanggan.

3 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Meninggalkan Marketplace Online
Sebagian bersar marketplace tidak memiliki fitur untuk pengelolaan data pelanggan.

Marketplace pada umumnya hanya akan mencatat transaksi, jumlah produk terjual, dan seberapa cepat anda memproses transaksi. Kamu tidak bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui metrik umum seperti bounce rate atau average page duration, total pengunjung, waktu terbanyak pengunjung datang, dll. Pada dasarnya metrik tersebutlah yang sangat dibutuhkan untuk strategi pengembangan bisnis jangka panjang.

Pengembangan Usaha

Pemasaran toko online melalui marketplace mungkin sesuai bagi penjual yang baru saja memulai usahanya. Berbagai manfaat dari segi logistik hingga pemesanan akan memberi banyak kemudahan bagi mereka yang  baru saja memulai usahanya.

Namun, jika para entrepreneur tersebut memiliki visi yang lebih jauh mengenai usahanya dan usahanya sudah mulai berkembang, marketplace bukan dermaga yang tapat untuk mereka berlabuh. Ada berbagai batasan yang akan menghambat pertumbuhan bisnis kamu kedepan, termasuk beberapa poin diatas.


Pada dasarnya, marketplace dan e-commerce memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Pebisnis tidak dapat mempertahankan marketplace hanya karena mendapat testimoni yang lebih baik dari penjual lain. Dan menjalankan e-commerce tidak semudah menjalankan marketplace. Namun dengan ketekunan dan kerja keras akan menginvestasikan hasil yang lebih besar dalam periode panjang dan akan menjadi keputusan tepat yang pernah kamu buat.

Perlahan tapi pasti, mulailah merencanakan untuk website e-commerce usaha kamu sendiri. Tak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu dan biaya, sebagai jasa pembuatan website, Sunday Digital akan membantu kamu mewujudkan mimpi kamu memiliki website e-commerce usaha kamu sendiri. Hubungi kami secepatnya jika kamu dan usahamu ingin selangkah lebih maju dari kompetitor.

(Artikel ini terinspirasi dari situs id.techinasia.com dan sudah dimodivikasi oleh penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *